Rabu, 06 Juni 2012

Survey Pengaruh Situasi dan Kondisi Dalam Proses Belajar

     Dalam beberapa hari belakangan ini, saya telah melakukan suatu survey kecil terhadap teman-teman mahasiswa seangkatan saya mengenai situasi dan kondisi yang dialami oleh teman-teman saya dalam proses belajar mereka sehari-hari. Survey ini berdasarkan pengalaman dari 51 orang.
     Dan hasil dari survey saya adalah berikut ini:

1. Saya lebih suka mendengarkan musik ketika belajar...
 Strongly Agree  3 

 5.88% 
 Agree  23 

 45.10% 
 Neutral  12 

 23.53% 
 Disagree  9 

 17.65% 
 Strongly Disagree  4 

 7.84% 
Dari data di atas, maka dapat dilihat bahwa hampir rata-rata mahasiswa suka mendengarkan musik ketika sedang belajar.

2. Saya suka makan cemilan ketika sedang belajar...
 Strongly Agree  4 

 7.84% 
 Agree  27 

 52.94% 
 Neutral  11 

 21.57% 
 Disagree  5 

 9.80% 
 Strongly Disagree  4 

 7.84% 
Dari tabel tersebut dapat juga kita lihat bahwa rata-rat mahasiswa suka untuk memakan cemilan di saat proses belajar mereka.

3. Saya suka duduk di bagian depan daripada di bagian belakang ketika di kelas...
 Strongly Agree  7 

 13.73% 
 Agree  13 

 25.49% 
 Neutral  27 

 52.94% 
 Disagree  4 

 7.84% 
 Strongly Disagree  0 
 0.00% 
Sesuai dengan data survey tersebut, maka dapat dilihat bahwa mahasiswa tidak terlalu memerhatikan letak tempat duduk mereka jika berada di dalam kelas, mereka akan lebih memilih sendiri tempat duduk yang nyaman bagi mereka.

4. Saya lebih suka belajar dengan terdekat saya dibanding teman yang lain...
 Strongly Agree  7 

 13.73% 
 Agree  23 

 45.10% 
 Neutral  15 

 29.41% 
 Disagree  4 

 7.84% 
 Strongly Disagree  2 

 3.92%
Dari data tersebut, maka dapat dilihat bahwa mahasiswa lebih cenderung suka duduk di dekat teman yang lebih mereka kenal, hal ini mungkin dikarenakan mereka akan lebih nyaman jika belajar dengan teman terdekat mereka.

5. Saya lebih bersemangat mengikuti perkuliahan pagi hari...
 Strongly Agree  14 

 27.45% 
 Agree  24 

 47.06% 
 Neutral  8 

 15.69% 
 Disagree  3 

 5.88% 
 Strongly Disagree  2 

 3.92%
Berdasarkan tabel tersebut, maka dapat dilihat bahwa mahasiswa akan cenderung lebih bersemangat untuk kuliah di pagi hari daripada di siang hari.

KESIMPULAN:
     Kesimpulan yang saya dapat dari hasil survey tersebut adalah para mahasiswa cenderung memilih situasi dan kondisi belajar yang tidak terlalu ketat atau dengan kata lain mereka lebih memilih situasi dan kondisi yang dapat membuat mereka nyaman sehingga mereka dapat mengikuti perkuliahan dengan semangat. Misalnya mereka lebih cenderung untuk mengemil dan mendengarkan musik-musik yang tidak keras ketika sedang belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut